Link Shopee Disini

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Agar ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik, makanlah makanan yang sehat. Jika selama ini Anda tidak terlalu peduli dengan kesehatan ginjal Anda, sekaranglah waktunya untuk memulai. Ginjal yang bekerja terlalu keras sama pentingnya dengan organ vital lainnya, dan konsekuensi dari tidak merawatnya sangatlah buruk.

Seperti dilansir The South African pada Senin (9 Mei 2022), kondisi kesehatan tertentu termasuk hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas, menyebabkan tekanan yang signifikan pada ginjal. Hal ini dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis (CKD) dan kemungkinan gagal ginjal.

Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring darah, membuang racun, dan menjaga keseimbangan asam-basa air dan elektrolit dalam tubuh secara konstan. Mereka juga mempunyai peran penting dalam memproduksi hormon dan sintesis vitamin D. Berikut adalah lima cara menjaga kesehatan ginjal Anda:

1. Jaga pola makan

Jaga pola makan Anda tetap sehat Anda sealami mungkin dengan membatasi makanan yang mengandung zat aditif seperti makanan, misalnya: Misalnya. pai, kue, hot dog, burger, dan makanan siap saji. Alih-alih, fokuslah pada berbagai sayuran dan buah segar, biji-bijian utuh, sedikit lemak sehat, dan protein tanpa lemak.

2. Asupan serat

Serat membantu meningkatkan mikrobiota usus. Ini meningkatkan bakteri usus yang sehat dan mengurangi bakteri yang tidak sehat. Setiap hari, makanlah setidaknya dua hingga tiga porsi buah segar (hindari jus) dan dua hingga tiga porsi sayuran. Tingkatkan asupan kacang-kacangan seperti kacang-kacangan dan lentil, serta biji-bijian, terutama gandum utuh, potongan roti gandum, dan sereal.

3. Kurangi asupan garam

Hindari menambahkan garam ke meja dan makanan selama memasak. Hindari juga makanan asin seperti keripik dan makanan olahan lainnya. Hindari penggunaan campuran bumbu yang asin seperti bumbu barbeque dan bumbu ayam. Sebagai gantinya, gunakan rempah-rempah alami untuk menambah rasa pada masakan Anda seperti jintan, ketumbar, merica, kunyit, paprika, paprika, bawang putih segar, jahe, air jeruk nipis, sayuran peterseli, seledri, dan rempah-rempah lainnya.

4. Konsumsi protein

Jika ingin mencegah penyakit ginjal, berhati-hatilah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi protein secara rutin. Pilihlah jenis protein yang rendah lemak seperti susu yang rendah lemak, ayam yang dibuang kulitnya, ikan laut, serta daging yang tanpa lemak. Sertakan banyak protein nabati dari kacang-kacangan, lentil, kedelai, kacang merah, selai kacang, dan buncis dalam makanan keluarga Anda.

5 . Kurangi asupan gula

Batasi gula dan makanan manis dalam diet Anda, terutama minuman dingin, kembang gula, dan cokelat. Ini membawa energi yang tidak perlu ke sumber listrik dan dapat mengarah pada pengembangan CRF.

0 Response to "5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal"

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini